Kamis, 01 Maret 2012

sel

*      Sel

·         Macam – macam sel
Sel dibedakan menjadi 2 yaitu sel prokariotikdan sel eukariotik. Sel prokariotik adalah sel yang inti selnya tidak mempunyai membran inti. Sel eukariotik adalah sel yang inti selnya mempunyai membran inti.

·         Bagian – bagian sel
Bagian utama swl yaitu selaput plsma (membrane sel), sitoplasma dan inti sel (nucleus). Selaput plasma merupakan selaput yang menyalimuti sitoplasma. Fungsinya melindungi isi sel, mengontrol keluar masuknya zat dari dalam sel. Selaput plasma bersifat semi permeable dan tersusun atas dua lapisan lipoprotein. Sitoplasma merupakan cairan kental yang didalamnya terdapat partikel kecil yang disebut Organel. Organel yang terdapat pada sitoplasma adalah mitokondria, sebagai tempat respirasi sel. Ribosom, sebagai tempat pembentukan sel. Badan golgi, berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan protein keluar selaput plasma. Reticulum indoplasma, berfungsi sebagai tempat pembentukan lemak. Dan menghubungkan inti seldengan sitoplasma. Nucleus pada sel umumnya terletak ditengah sel.


*      Jaringan

·         Jaringan pada hewan

a.       Jaringan epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan organ atau tubuh, baik permukaan dalam maupun luar. Fungsinya untuk member perlindungan terhadap kerusakan mekanis, perlindungan dari masuknya mikroorganisme, menerima rangsang, dan mencegah penguapan air.

b.      Jaringan pengikat
Jaringan pengikat berfungsi mengikat (mempersatukan jaringan – jaringan menjadi organ dan mempersatukan organ – organ menjadi sistem organ). Jaringan ini juga disebut jaringan penyokong karena berfungsi menyokong dan melindungi organ – organ yang lemah. Berdasarkan stukturnya dang fungsinya jaringan pengikat dibedakan menjadi :
1.       Jaringan pengikat longgar
2.       Jaringan pengikat liat
3.       Jaringan pengikat lemak
 Jaringan tulang yang terdiri atas :
1.       Tulang keras
2.       Tulang rawan
3.       Jaringan darah

c.       Jaringan otot
Jaringan otot merupakan jaringan tubuh yang mempunyai kemampuan kontraksi dan relaksasi. Kontraksi artinya mengerut, relaksasi artinya mengendor jaringan otot dibedakan menjadi 3 yaitu :
1.       Otot lurik             = melekat pada rangka
2.       Otot polos           = letak inti terdapat ditengah sel
3.       Otot jantung      = letak intisel terdapat ditengah

d.      Jaringan saraf
Jaringan saraf disususn oleh sel – sel saraf (neuron). Setiap sel saraf tersususn atas badan sel, neurit dan dendrite. Neurit adalah bagian yang membawa rangsang ke sel saraf lain. Dendrit adalahbagian sel yang menangkap rangsang dan membawanya kedalam sel. Hubungan antara neuron yang satu dengan neuron yang lainnya terjadi pada sinapsis. Berdasarkan fungsinya neuron dibedakan menjadi 3 yaitu :
1.       Nouron sensoris
2.       Neuron motoris
3.       Neuron konektor
Jaringan saaf berfungsi :
1.       Menerima rangsangan dari lingkungan.
2.       Menyalurkan rangsangan tersebut kebagian tubuh yang lain.

·         Jaringan pada tumbuhan

a.       Jaringan epidermis
Jaringan epidermis terletak dipermukaan organ (akar, batang, daun). Berfungsi melindungi jaringan – jaringan lain yang ada dibawahnya atau didalamnya.
 Ciri – cirinya adalah :
1.       Sel – sel penyusunnya berbentuk segi empat ayng tersusun rapat
2.       Terdiri atas selapis sel
3.       Tidak mengandung klorofil

b.      Jaringan parenkim / jaringan dasar
Jaringan parenkim disebut jaringan dasar karena, merupakan penyusun sebagian besar organ tumbuhan. Fungsi jaringan ini adalah :
1.       Memperkuat jaringan – jaringan yang lain
2.       Tempat menyimpan cadangan makanan
3.       Tempat pertukaran gas

c.       Jaringan penguat
Didalam jaringan parenkim terdapat jaringan penguat. Dinding sel jaringan penguat lebih tebal dari pada dinding sel jaringan dasar. Jaringan penguat terdiri atas dua macam jaringan yaitu jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.

d.      Jatingan pengangkut
Jaringan pengangkut terdiri dari 2 macam jaringan yaitu xilem(pembuluh kayu ) dan floem (pembuluh tapis / ayak). Jaringan xylem tersusun dari beberapa tipe sel, yaitu pembuluh xylem dan trakeid. Sel – sel trakeid berdindding tebal mengandung zat kayu. Jaringan xylem berfungsi mengangkut air dan zat – zat terlarut didalamnya dari akar kedaun. Jaringan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tumbuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar